Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia
Responsive Advertisement
Responsive Advertisement
Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bunda PAUD Babel Sosialisasikan Gerakan Transisi Pendidikan TK ke SD yang Menyenangkan




LinesNews - Penjabat Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Maya Suganda Pasaribu menggelar Open House dan Sosialisasi Gerakan Bersama Transisi Pendidikan dari TK ke SD yang Menyenangkan di SMKN 1 Tanjungpandan, Kamis (12/10/2023)

Kegiataan yang disertai pembagian buku Transisi TK ke SD ini dihadiri juga oleh Bunda PAUD dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. 

"Buku ini adalah hasil kajian, sebagai persiapan serta pengetahuan bagi tenaga pendidik dalam memberikan ilmu ke siswanya. Biar pembelajaran jadi lebih menyenangkan," jelas Maya.

Ia menjelaskanya bahwa untuk membangun kemampuan pada anak, perlu dilakukan secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan, agar manfaat baik dari pembelajaran dapat tercapai.




Sehingga menurutnya, satuan pendidikan perlu merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam membangun kemampuan fondasi pembelajaran aktif dan eksploratif, membangun rasa ingin tahu, dan sarat dengan interaksi positif yang membangun kepercayaan diri pada anak.

Kemudian sebut dia, agar menghindari asesmen di kelas berupa tes lisan dan tertulis untuk mengurangi potensi stress pada anak usia dini. 

"Hasil asesmen digunakan sebagai dasar pembinaan, bukan pelabelan 'anak pintar' dan 'tidak pintar'," tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta peran aktif melaporkan perkembangan peserta didik kepada orang tua/wali saat pelaporan hasil belajar. 

"Sampaikan yang sudah baik dan yang masih perlu penguatan. Dengan demikian anak terdampingi, baik di satuan pendidikan maupun di rumah," ungkapnya.

Posting Komentar

0 Komentar